06 April 2008

globalisasi

Perkembangan bisnis internasional dalam satu dasawarsa terakhir ini tidak lepas dari fenomena globalisasi. Secara umum globalisasi berasal dari kata global atau universal yang kemudian globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berupa penghilangan batasan ruang dan waktu yang terjadi di segala sendi kehidupan (ekonomi, bisnis, politik, budaya, ideologi). Dan menurut Fasial Basri dalam kata pengantar buku ‘The World is Flat’ karya Thomas L. Friedman, globalisasi juga menyentuh tataran system, proses, actor dan events.
Globalisasi di bidang perekonomian adalah suatu proses ekonomi dan perdagangan, dimana negara negara di seluruh dunia terintegrasi menjadi satu kekuatan pasar tanpa rintangan batas territorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa. Ketika globalisasi perekonomian terjadi maka batas batas negara akan menjadi semakin kabur dan keterkaitan antara perekonomian nasional dan perekonomian internasional akan semakin erat, sebuah negara harus membuka pasar domestiknya untuk produk produk global, begitu pula negara tersebut harus membuat produk yang dapat bersaing di pasar global. Hal ini akan menimbulkan kecenderungan untuk terjadi ketergantungan ekonomi antar negara.

Menurut Tanri Abeng bentuk nyata dari globalisasi itu dapat berupa :
• Globalisasi produksi, dimana perusahaan berproduksi di berbagai negara, dengan sasaran agar biaya produksi menajdi lebih rendah. Hal ini dilakukan baik karena upah buruh yang rendah, tarif bea masuk yang murah, infrastruktur yang memadai ataupun karena iklim usaha dan politik yang kondusif. Dunia dalam hal ini menjadi lokasi manufaktur global.
• Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global mempunyai akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi (baik dalam bentuk portofolio ataupun langsung) di semua negara di dunia. Sebagai contoh, PT Telkom dalam memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT Jasa Marga dalam memperluas jaringan jalan tol telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (build-operate-transfer) bersama mitrausaha dari manca negara
• Globalisasi tenaga kerja. Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperoleh dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka human movement akan semakin mudah dan bebas.
• Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui: TV, radio, media cetak dll. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh : KFC, celana jeans levi's, atau hamburger melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat dunia -baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global.
• Globalisasi Perdagangan. Hal ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan nontarif. Dengan demikian kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi semakin cepat, ketat, dan fair.
Sebagai contoh dalam buku The World is Flat karya Thomas l. Friedman disebutkan bahwa saat ini banyak perusahaan Amerika yang meng-outsourcing laporan pajaknya ke Bangalore India, hal ini dimaksudkan untuk mencari biaya buruh yang paling murah. Perbandingan upah seorang buruh di AS dengan di India sangat jauh berbeda. Selain itu juga terlihat kemajuan IPTEK juga mempengaruhi yakni digunakannya jaringan internet berkecepatan tinggi yang memudahkan segala proses ini. Tidak hanya laporan pajak tetapi juga CAT scan, dan bahkan jaringan berita Reuters meng-outsorcing-kan pelaporan beritanya di Bangalore, semua ini bertujuan untuk memperoleh efisiensi dan kecepatan yang menjadi hal yang sangat penting dalam persaingan global.

1 comments:

Anonymous said...

http://lumerkoz.edu Your Site Is Great, http://www.comicspace.com/aciphex/ incurred http://www.sqlprof.com/members/Buy-Inderal.aspx pauger niuanew http://www.ecometro.com/Community/members/Buy-Sertraline.aspx cityofboston prado http://barborazychova.com/members/Buy-Crestor.aspx azla peacekeeping http://www.lovespeaks.org/profiles/blogs/buy-famciclovir bromyn suppress

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template